Friday, July 26, 2024

Cara menghapus file sampah atau cache di Komputer PC atau Laptop agar tidak lemot

 

Bukan hanya handphone atau hp saja ketika file atau aplikasi sudah penuh untuk baiknya segera mengosongkan tempat penyimpanan atau storage agar hp tidak lemot. Namun sayangnya di Laptop atau Komputer PC jarang ada pemberitahuan seperti di HP jadi kadang kita tidak tahu kenapa Komputer atau Laptop tiba-tiba jadi lemot. 

Bisa saja itu karena file sampah yang sudah menumpuk belum dihapus layaknya seperti di hp. Biasanya di HP disebut Cache yaitu file tidak terlalu penting atau bisa dibilang file sampah jika menyimpannya terlalu banyak. Jadi file cache adalah skrip, gambar, file atau settingan ketika masuk dalam web atau aplikasi agar saat masuk web atau aplikasi jadi lebih cepat dan gampang.

Seperti ketika kita menyimpan file settingan kunci masuk gmail di hp, komputer atau Laptop jadi kita tidak perlu mengetikan lagi kunci masuknya. Memang berguna namun ketika settingan ini terlalu banyak karena biasanya kita selalu saat masuk web atau aplikasi maen save saja sehingga tidak tahu sudah berapa banyak file cache setting tersebut.

Kemudian file jenis cache sampah ini banyak jenisnya seperti jika di Komputer atau Laptop adalah file settingan windows sebelumnya yang sengaja otomatis di simpan.


Jadi baiknya file sampah cache ini dihapus saja jika terlalu banyak karena akan membuat hp, laptop atau Komputer PC lemot seperti gambar di atas file cache sampah sudah mencapai 6GB lebih.

Nah berikut tutorial cara menghapus file Sampah atau Cache di Komputer PC atau Laptop.

1. Klik Start lalu Klik Setting


2. Lalu klik System


3. Lalu Klik Storage


4. Atau cara masuk ke dalam menu storage lebih cepatnya ketikan di search start "storage settings" lalu klik 

5. Kemudian setelah masuk menu storage lihat sebelah kanan klik file temporary files


6. Nah bisa dilihat sendiri jenis file sampahnya jika dirasa penting jangan ceklis tapi jika tidak mau terlalu pusing  klik Removes files karena jenis filenya seperti penjelasan yang di atas sebelumnya.

7. Nah Kemudian Komputer PC atau Komputer PC akan melakung pembersihan atau proses Purging jadi biarkan sampai selesai kemungkinan akan lama tergantung besar filenya

8. Jika sudah selesai maka file akan menjadi 0. Selesai deh.


Nah jika hal ini tidak membuat Komputer PC atau Laptop menjadi lebih baik memang ada masalah lainnya seperti banyak aplikasi dan lainnya. Namun setidaknya sudah mengurangi beban Komputer PC atau laptonya.



SHARE BERBAGI MANFAAT SILAKAN

0 komentar:

Post a Comment