Sebuah Fakta mengejutkan ternyata kemasan atau tampilan yang bagus belum tentu lebih bagus hasil profitnya ketimbang dengan kemasan atau tampilannya yang lebih jelek, Tentu dengan ketentuan bahwa faktor lainya sama hambatannya.
Conversion secera sederhananya keefektifan tampilan/kemasan prodak agar memperoleh penjualan yang maksimal. Dalam Conversion yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat pengalaman belanja konsumen menjadi lebih tertarik, mudah, nyaman dan senang.
Conversion juga sering muncul dalam istilah affiliate marketing seperti Affiliatte CPA, yang artinya persentasi jumlah pengunjung dengan jumlah orang yang beli. Misal rata-rata pengunjung web 1000 dan yang beli 10 maka Conversion rate-nya adalah 10/1000 x 100 = 1%
Tampilan desain yang bagus memang penting tetapi lebih penting tingkat kemudahan, kenyaman dan ketertarikan untuk pengalaman belanja konsumen.
Jadi tidak sebatas memperhatikan tampilan atau kemasan yang bagus saja tapi pastikan membuat pengalaman konsumen mudah dan menyenangkan dalam belanja.
Pernah dong melihat tempat jualan Baso yang lebih ramai padahal tempat dan desainnya sederhana, Tapi jika diperhatikan tempat tersebut membuat orang mudah memesan dan nyaman menunggu.
Ketimbang tempat Baso yang tampilan sudah bagus tetapi tempat tersebut membingungkan konsumen untuk pesan atau membuat susah untuk menunggu.
Atau pernah dong punya pengalaman belanja di suatu toko online atau supermarket tapi karena toko online tersebut membuat anda bingung dan ribet anda kapok untuk belanja lagi disana. Itu juga membuat anda berpaling ke tempat lain.
contoh toko online yang mementingkan conversion
Sungguh sayang padahal harusnya hal tersebut membuat pundi-pundi uang anda bertambah tapi apa daya anda tidak memperhatikan faktor penting ini.
Itulah mengapa dalam mendesain tampilan/kemasan prodak atau tempat bisnis bukan hanya mempertimbangkan penampilan tetapi kemudahan, kenyamanan, ketertarikan dan kesenangan dalam belanja di tempat anda.
Tidak heran banyak perusahaan selalu mengukur tingkat kepuasan dalam pengalaman belanja agar semuanya tidak sia-sia.
Jadi jangan sia-sia kan hasil produksi, promosi yang mengeluarkan banyak uang tapi terhambat atau terampas karena hal sepele.
Indah belum tentu hasil profitnya indah, tapi Efektif tentu hasilnya Indah. Itulah Conversion Fokus pada keefektifan hasil.
Tipsnya
1. Coba atau trial seolah-olah anda konsumen dan bagaimana yang anda rasakan jika anda saja tidak suka bagaimana dengan orang lain?
2. Lalu saat anda berpura-pura jadi konsumen coba perhatikan konsumen lainnya, bagaimana respon mereka baik verbal maupun nonverbal. Jika tidak nyaman tentu akan terlihat dari nonverbalnya.
3. Beri Nomer kontak pada konsumen misal di kemasannya dan tunggu hasilnya. Jika mereka puas mereka akan mengirim testimony sendiri. Jika jelek? mungkin akan memberikan saran. Jika diam saja? munkgin berarti biasa saja.
4.Perhatikan juga tingkat rata-rata pembeliannya setiap bulan jika tidak berulang mungkin hal tersebut layak dianalisis.
5. Bikin Simulasi
Jadi Conversion itu menurut anda penting?
0 komentar:
Post a Comment